Materi Pengertian| Fungsi| Tugas| Jenis Dan Manfaat Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Bospedia
Materi Pengertian , Fungsi , Tugas , Jenis Dan Manfaat Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu , nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker , menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian , Fungsi Dan Tugas Pemasaran , Jenis Pemasaran Dan Manfaat Pemasaran dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Materi Pengertian , Fungsi , Tugas , Jenis Dan Manfaat Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA |
Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang strategi pemasaran langsung produk kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya.
Materi strategi pemasaran langsung produk kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam melakukan pemasaran produk kerajinan yang sudah kalian produksi.
Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca dengan cermat. Melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi , kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi.
Semoga modul ini bermanfaat , kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya.
Istilah
- Konsumen : Setiap orang pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat , baik bagi kepentingan diri sendiri , keluarga , orang lain , maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan
- Pemasaran : suatu kegiatan menyeluruh , terpadu , dan terencana , yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual , menentukan harga , mengkomunikasikan , menyampaikan , dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen , klien , mitra , dan masyarakat umum
- Pemasaran Langsung : strategi pemasaran yang memungkinkan perusahaan berinteraksi langsung dengan konsumen menggunakan media apapun.
- Segmentasi Pasar : Proses pembagian pasar menjadi kelompok pembeli berbeda yang mempunyai kebutuhan , karakteristik , atau perilaku berbeda , yang mungkin memerlukan produk atau program pemasaran terpisah
- Strategi Pemasaran : upaya memasarkan suatu produk , baik itu barang atau jasa , dengan menggunakan pola , rencana , dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.
A. Tujuan Pembelajaran
- Menjelaskan pengertian , fungsi , dan tugas pemasaran
- Menjelaskan pengertian pemasaran langsung
- Menjelaskan jenis-jenis pemasaran langsung
- Menjelaskan manfaat pemasaran langsung
B. Uraian Materi
Pengertian Pemasaran
Fungsi Pemasaran
1. Fungsi Pertukaran
2. Fungsi Perantara
Tugas Pemasaran
1. Memperkenalkan Produk
2. Mencapai Target Penjualan
3. Memastikan Kepuasan Konsumen
4. Membuat Strategi Lanjutan
5. Bekerjasama Dengan Mitra
6. Membuat Rekapitulasi Penjualan
- Mengawasi serta mengembangkan strategi pemasaran
- Melakukan riset dan menganalisa data untuk mengidentifikasi target pasar yang pas
- Merancang serta menyajikan ide lengkap dengan strateginya
- Melakukan aktifitas promosi.
- Mengumpulkan dan mendistribusikan informasi statistik dan finansial.
- Merawat website perusahaan dan memikirkan strategi kampanye online.
- Menyelenggarakan event dan pameran.
- Mengupdate database serta memanfaatkan CRM (Customer Reationship Management)
- Mengkkoordinasikan budaya pemasaran secara internal dan organisasi
- Mengawasi performa.
- Melakukan kampanye di sosial media.
Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
Pengertian Pemasaran Langsung
Jenis-jenis Pemasaran Langsung
1. Personal Selling
- Diatur oleh manajemen pemasaran yang berpengalaman
- Dilakukan oleh sales dengan kepiawaian berbicara yang berkualitas
- Menentukan target pasar yang benar-benar potensial
- Memberikan sampel produk sebagai uji coba
- Menyediakan waktu bagi pelanggan untuk memberikan testimoni
- Berpenampilan menarik , murah senyum dan ramah
2. Direct Mail Marketing (Pemasaran surat langsung)
3. Catalog Marketing
4. Telemarketing
- Menganalisis calon pelanggan/pasar
- Berbicara dengan sopan dan ramah
- Menjabarkan spesifikasi produk dengan jujur
- Menghormati keputusan akhir
5. Kios Marketing
Manfaat Pemasaran Langsung
1. Calon pelanggan sudah tertarget
2. Anggaran pemasaran yang lebih efisien
3. Meningkatkan loyalitas pelanggan
4. Membantu mendorong bisnis baru
C. Rangkuman
- Pemasaran adalah suatu kegiatan menyeluruh , terpadu , dan terencana , yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual , menentukan harga , mengkomunikasikan , menyampaikan , dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen , klien , mitra , dan masyarakat umum.
- Beberapa fungsi pemasaran adalah sebagai berikut:
- Fungsi pertukaran
- Fungsi distribusi fisik
- Fungsi perantara
- Tugas pemasaran adalah sebagai berikut:
- Memperkenalkan produk
- Mencapai target penjualan
- Memastikan kepuasan konsumen
- Membuat strategi lanjutan
- Bekerjasama dengan mitra
- Membuat rekapitulasi penjualan
- Menurut Suyanto (2007: 219) , pengertian pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang memakai saluran langsung untuk mencapai konsumen dan menyerahkan barang/jasa kepada konsumen tanpa adanya perantara. Untuk menghasilkan tanggapan dan/atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi.
- Jenis-jenis pemasaran langsung diantaranya:
- Personal selling
- Direct mail marketing
- Catalog marketing
- Telemarketing
- Kios marketing
D. Penugasan Mandiri
E. Latihan Soal
- Jelaskan pengertian pemasaran!
- Jelaskan pengertian pemasaran langsung!
- Sebut dan jelaskan jenis-jenis pemasaran langsung!
- Sebutkan manfaat pemasaran langsung!
Kunci Jawaban Latihan Soal
- Pemasaran adalah suatu kegiatan menyeluruh , terpadu , dan terencana , yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual , menentukan harga , mengkomunikasikan , menyampaikan , dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen , klien , mitra , dan masyarakat umum.
- Pemasaran langsung adalah strategi pemasaran yang memungkinkan perusahaan berinteraksi langsung dengan konsumen menggunakan media apapun.
- Berikut ini merupakan jenis-jenis pemasaran langsung:
- Personal Selling , adalah proses memasarkan produk secara langsung bertatap muka dengan calon pembeli. Manajemen pemasaran biasanya akan menjajaki tempat-tempat tertarget dan pasar strategis terhadap produk.
- Direct Mail Marketing , adalah jenis promosi produk usaha dengan cara memberikan berbagai penawaran menarik , pesan , informasi produk , brosur dan sejenisnya kepada seseorang / pasar yang berada di alamat tertentu.
- Catalog marketing , adalah jenis pemasaran dengan cara mengirimkan katalog ke berbagai pasar dan target berbeda di tempat yang berlainan.
- Telemarketing , adalah kegiatan memasarkan produk dengan memanfaatkan telepon atau komunikasi suara lainnya dalam mempromosikan produk.
- kios marketing adalah jenis pemasaran produk berbasis modern dan daring dengan meletakkan sebuah mesin penerima pesanan pelanggan pada tokotoko mereka.
- Berikut ini merupakan manfaat pemasaran langsung:
- Calon pelanggan sudah tertarget
- Anggaran pemasaran yang lebih efisien
- Meningkatkan loyalitas pelanggan
- Membantu mendorong bisnis baru
F. Penilaian Diri
- https://www.inibospedia.blogspot.com/2021/07/pembahasan-materi-biologi-kelas-x-sma-ma.html" target="_blank">Materi Biologi Kelas 10 SMA
- https://www.inibospedia.blogspot.com/2021/07/pembahasan-materi-biologi-kelas-xi-sma-ma.html" target="_blank">Materi Biologi Kelas 11 SMA
- https://www.inibospedia.blogspot.com/2021/07/pembahasan-materi-biologi-kelas-xii-sma-ma.html" target="_blank">Materi Biologi Kelas 12 SMA
- Cara menghitung bep dengan excel
- menghitung bep rupiah
- contoh perhitungan bep
- bep rupiah adalah
- contoh bep
- cara menghitung bep brainly
- bep produksi
- cara menghitung bep makanan