Materi Pengertian| Fungsi| Tujuan Dan Konsep Strategi Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Bospedia
Materi Pengertian , Fungsi , Tujuan Dan Konsep Strategi Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu , nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker , menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian , Fungsi Dan Tugas Pemasaran , Jenis Pemasaran Dan Manfaat Pemasaran dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Materi Pengertian , Fungsi , Tujuan Dan Konsep Strategi Pemasaran Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA |
Materi strategi pemasaran langsung produk kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam melakukan pemasaran produk kerajinan yang sudah kalian produksi.
Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca dengan cermat. Melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi , kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi.
Semoga modul ini bermanfaat , kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya.
Istilah
- Konsumen : Setiap orang pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat , baik bagi kepentingan diri sendiri , keluarga , orang lain , maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan
- Pemasaran : suatu kegiatan menyeluruh , terpadu , dan terencana , yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual , menentukan harga , mengkomunikasikan , menyampaikan , dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen , klien , mitra , dan masyarakat umum
- Pemasaran Langsung : strategi pemasaran yang memungkinkan perusahaan berinteraksi langsung dengan konsumen menggunakan media apapun.
- Segmentasi Pasar : Proses pembagian pasar menjadi kelompok pembeli berbeda yang mempunyai kebutuhan , karakteristik , atau perilaku berbeda , yang mungkin memerlukan produk atau program pemasaran terpisah
- Strategi Pemasaran : upaya memasarkan suatu produk , baik itu barang atau jasa , dengan menggunakan pola , rencana , dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.
A. Tujuan Pembelajaran
- Menjelaskan pengertian , strategi pemasaran
- Menjelaskan fungsi strategi pemasaran
- Menjelaskan tujuan strategi pemasaran
- Menjelaskan konsep strategi pemasaran
B. Uraian Materi
Pengertian Strategi Pemasaran
- Produksi
- Pemasaran
- Konsumsi
Fungsi Strategi Pemasaran
a) Meningkatkan Motivasi untuk Melihat Masa Depan
b) Koordinasi Pemasaran yang Lebih Efektif
c) Merumuskan Tujuan Perusahaan
d) Pengawasan Kegiatan Pemasaran
Tujuan Strategi Pemasaran
- Untuk meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran
- Sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang telah ditentukan
- Sebagai dasar logis dalam mengambil keputusan pemasaran
- Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi bila terjadi perubahan dalam pemasaran
Konsep Strategi Pemasaran
1. Segmentasi Pasar
2. Market Positioning
3. Market Entry Strategy
- Membeli Perusahaan Lain
- Internal Development
- Kerjasama Dengan Perusahaan Lain
4. Marketing Mix Strategy
a) Product (Produk)
- kualitas yang mampu menjawab dan memuaskan keinginan konsumen ,
- kuantitas yang sanggup memenuhi kebutuhan pasar ,
- penciptaan produk baru yang inovatif sesuai keinginan konsumen ,
- penciptaan nilai tambah pada produk , dan
- penciptaan produk yang mempunyai daur hidup (life cycle) panjang (jangan cuma booming sesaat).
b) Price (Harga)
- mempertimbangkan harga pokok produksi ,
- menyesuaikan harga produk dengan pasar yang kita bidik , dan
- melakukan perbandingan harga dengan produk sejenis yang sudah ada di pasar.
c) Place (Tempat)
- lokasi penjualan sebaiknya yang mudah dijangkau konsumen ,
- lokasi penjualan yang memiliki fasilitas yang memuaskan konsumen dan
- lokasi yang mempunyai nilai tambah: ada arena bermain anak dan keluarga , suasana belanja dan bertamasya , konsep “one stop shopping”.
d) Promotion(Promosi)
5. Timing Strategy
C. Rangkuman
- Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk , baik itu barang atau jasa , dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.
- Fungsi strategi pemasaran
- Meningkatkan motivasi untuk melihat masa depan
- Koordinasi pemasaran yang lebih efektif
- Merumuskan tujuan perusahaan
- Pengawasan kegiatan pemasaran 3) Konsep strategi pemasaran:
- Segmentasi pasar
- Market positioning
- Market entry strategy
- Market mix strategy
- Timing strategy
D. Penugasan Mandiri (optional)
- Buatlah strategi pemasaran langsung untuk memasarkan produk kerajinan dengan inspirasi artefak/obyek budaya yang telah kalian buat.
- Lakukan pemasaran dan penjualan langsung produk kerajinan yang telah kalian buat.
E. Latihan Soal
- Jelaskan pengertian strategi pemasaran!
- Jelaskan konsep strategi pemasaran!
- Berikan contoh penerapan konsep segmentasi pasar!
- Berikan contoh penerapan konsep market positioning!
Kunci Jawaban Latihan Soal
- Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk , baik itu barang atau jasa , dengan menggunakan pola , rencana , dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.
- Berikut ini adalah 5 konsep strategi pemasaran:
- Segmentasi Pasar
- Market Positioning
- Market Entry Strategy
- Marketing Mix Strategy
- Timing Strategy
- Proses pembagian pasar menjadi kelompok pembeli berbeda yang mempunyai kebutuhan , karakteristik , atau perilaku berbeda , yang mungkin memerlukan produk atau program pemasaran terpisah disebut segmentasi pasar. Setiap konsumen pasti memiliki kebutuhan dan kebiasaan yang berbeda. Perusahaan harus melakukan klasifikasi pasar yang sifatnya heterogen menjadi satuan-satuan pasar yang bersifat homogeny.
- Tidak ada perusahaan yang bisa menguasai seluruh pasar. Itulah alasannya mengapa perusahaan harus punya pola spesifik untuk mendapatkan posisi kuat dalam pasar , yaitu memilih segmen yang paling menguntungkan. Positioning berarti pengaturan suatu produk untuk menduduki tempat yang jelas , berbeda , dan diinginkan , relatif terhadap produk pesaing dalam pikiran konsumen sasaran.
F. Penilaian Diri
- https://www.inibospedia.blogspot.com/2021/07/pembahasan-materi-biologi-kelas-x-sma-ma.html" target="_blank">Materi Biologi Kelas 10 SMA
- https://www.inibospedia.blogspot.com/2021/07/pembahasan-materi-biologi-kelas-xi-sma-ma.html" target="_blank">Materi Biologi Kelas 11 SMA
- https://www.inibospedia.blogspot.com/2021/07/pembahasan-materi-biologi-kelas-xii-sma-ma.html" target="_blank">Materi Biologi Kelas 12 SMA
- tujuan strategi pemasaran
- tujuan strategi pemasaran menurut para ahli
- pengertian strategi pemasaran
- pengertian strategi pemasaran menurut para ahli
- definisi pemasaran
- jenis strategi pemasaran
- tujuan akhir dari kegiatan pemasaran adalah
- strategi pemasaran dan contohnya