Materi Konsumen| Pesaing Usaha dan Strategi Pemasaran Hasil Produk Kerajinan non Benda Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Bospedia
Materi Konsumen , Pesaing Usaha dan Strategi Pemasaran Hasil Produk Kerajinan non Benda Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu , nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker , menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Konsumen , Pesaing Usaha dan Strategi Pemasaran Hasil Produk Kerajinan non Benda dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Materi Konsumen , Pesaing Usaha dan Strategi Pemasaran Hasil Produk Kerajinan non Benda Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA |
Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang pemasaran produk kerajinan dengan inspirasi budaya non benda secara langsung. Materi pemasaran produk kerajinan dengan inspirasi budaya non benda secara langsung ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena akan sangat berguna bagi kalian dalam kehidupan sehari-hari dimana kalian akan belajar bagaimana memasarkan produk kerajinan yang terinspirasi dari budaya non benda disekitar kalian yang dapat kalian pasarkan secara langsung.
Semoga modul ini bermanfaat , kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Istilah
- Konsumen : setiap orang pemakai barang dan/jasa yang tersedia dalam masyarakat , baik bagi kepentingan diri sendiri , keluarga , orang lain
- Pesaing usaha : kompetisi antar penjual yang saling berusaha untuk mendapatkan konsumen , keuntungan dan jumlah penjualan yang tinggi.
- Strategi pemasaran : cara pengaturan pemasaran untuk mencapai keuntungan dalam Penjualan
- Budaya non benda : hasil karya yang abstrak , bukan merupakan benda
- Rencana pemasaran : panduan bagi perusahaan untuk menjalankan strategi pemasaran yang perlu dilakukan berdasarkan analisis dalam mengantisipasi perubahan keadaan.
- Produksi : Suatu kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa.
- Media pemasaran : media yang digunakan untuk menyampaikan suatu produk kepada pelanggan.
A. Tujuan Pembelajaran
- Mengidentifikasi konsumen
- Mengidentifikasi pesaing usaha
- Memahami strategi pemasaran hasil produksi usaha yang terinspirasi dari budaya non benda
B. Uraian Materi
Apersepsi
Anak- anak , sebelum kita belajar lebih jauh , alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu beberapa definisi yang terkait dalam modul kali ini , antara lain:
1. Konsumen
- Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam pasal 1 “ Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/jasa yang tersedia dalam masyarakat , baik bagi kepentingan diri sendiri , keluarga , orang lain”
- Az. Nasution (1995) membagi pengertian konsumen dalam dua kategori yaitu :
- sebagai pengguna atau pemakai barang dan/atau pelayanan jasa dengan tujuan mendapatkan barang dan/atau pelayanan jasa untuk dijual kembali ,
- sebagai pemakai barang dan/atau pelayanan jasa untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri , keluarga atau rumah tangganya
2. Pesaing Usaha
3. Strategi Pemasaran
- Produksi
- Pemasaran
- Konsumsi
1. Kotler dan Amstrong
2. Kurtz
3. Philip Kotler
4. Tjiptono
5. Stanton
4. Kerajinan Budaya non benda
C. Rangkuman
- Dalam dunia usaha tidak akan terlepas dari sebuah proses pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan penghasilan.
- Konsumen merupakan pemakai barang dan atau jasa
- Pesaing usaha merupakan kompetitor antar pejual dan pengusaha
- Strategi pemasaran adalah cara yang dilakukan oleh seorang pengusaha untuk memuaskan konsumen dan memperoleh keuntungan
- Budaya non budaya adalah hasil karya abstrak bukan benda
D. Latihan Soal
E. Penilaian Diri
- https://www.inibospedia.blogspot.com/2021/07/pembahasan-materi-biologi-kelas-x-sma-ma.html" target="_blank">Materi Biologi Kelas 10 SMA
- https://www.inibospedia.blogspot.com/2021/07/pembahasan-materi-biologi-kelas-xi-sma-ma.html" target="_blank">Materi Biologi Kelas 11 SMA
- https://www.inibospedia.blogspot.com/2021/07/pembahasan-materi-biologi-kelas-xii-sma-ma.html" target="_blank">Materi Biologi Kelas 12 SMA
- apa yang anda lakukan agar konsumen yakin dengan pemasaran produk kerajinan non benda
- produk kerajinan yang mudah rusak harus menggunakan jenis kemasan
- bagaimana cara mengatur strategi untuk menghadapi kompetitor atau pesaing
- bagaimana cara mengatur strategi untuk menghadapi kompetitor (pesaing)
- bagaimana pemasaran produk kerajinan berdasarkan budaya lokal
- bagaimana memperluas pasaran
- bagaimana cara mendapatkan modal untuk membangun industri kreatif berbasis budaya lokal
- 4 strategi pemasaran produk